Monday, March 12, 2012

The Apple Boutiques


The Apple Boutiques



Salah satu dari bisnis pertama oleh The Beatles' Apple Corps adalah the Apple Boutique yang dibuka pada 7 Desember 1967. Toko tersebut terletak di 94 Baker Street, London.
Konsep dari butik tersebut pastinya barang-barang untuk dijual. Paul McCartney mendeskripsikan toko tersebut adalah tempat yang indah dimana orang yang indah dapat membeli barang-barang yang indah. Mereka menjual pakaian-pakaian, aksesoris, topi, lukisan, sampai dijual gitar dengan gaya Psychedelic


Design Company yang diketahui bernama The Fool adalah perusahaan yang dipercayai oleh The Beatles. Mereka diberi £100,000 untuk mendesain, mengisi stok barang dan mendekorasi bangunan. Salah satu dari desainer The Fool, Barry Finch membayar beberapa murid seni untuk menggambar dan mewarnai sebuah gambar Psychedelic sepanjang bangunan dari tanggal 10 sampai 12 November 1967. Dewan Westminster ternyata tidak memberi izin atas toko ini, tetapi The Fool tetap memaksa. Jadi bisnis ini gak resmi walaupun ditempat yang cukup resmi.


Apple Store dengan Cat Putih


Dua minggu kemudian saat pembukaan, hanya John dan George yang hadir dalam upacara pembukaannya. Lalu mereka mendapat banyak komplain dari masyarakat lokal untuk mengecat ulang dengan warna aslinya "Putih". Hal ini adalah masalah pertama yang dihadapi oleh Apple.


Butik ini dipegang oleh teman sekolah John Lennon, Pete Shotton dan Kakaknya Pattie Harrison, Jenny. Ternyata, selama 8 bulan tersebut, terjadi kegagalan saat mengkomersialnya dan lalu ditutup. Pada saat single Hey Jude/Revolution keluar, pernah ditulis "HEY JUDE" lalu ada beberapa orang yang tersinggung karena "JUDE" artinya 'Yahudi' dalam bahasa Jerman. Tidak sedikit dari warga lokal mulai memecahkan jendela toko dengan batu karena kesalah pahaman tersebut. Paul McCartney meminta maaf kepada rakyat London atas tulisan tersebut.


Pencurian di toko adalah masalah utama bangkrutnya toko ini, bukannya pencuri dari luar, tetapi Staff dan pelanggannya tersebut yang sering mencuri karena keamanan yang sangat minim. Butik kehilangan hampir £ 200.000 dengan sebagian besar saham dicuri oleh stafnya. The Beatles akhirnya memberikan saham toko yang tersisa ketika Apple Boutique ditutup pada tanggal 31 Juli 1968


94 Baker Street dipakai sebagai markas sementara untuk Apple Corps karena kantor mereka di 3 Savile Row sedang dipersiapkan untuk menjadi Studio The Beatles pada sesi Let It Be.




Video dibawah menunjukan sebuah Film tahun 1968 yang diambil gambarnya didalam Butik Apple tersebut. Di meja kasir anda juga dapat melihat Magical Mystery Tour EP yang agak tersembunyi.



Video dibawah adalah video yang diambil saat pembukaan The Apple Boutique pada tanggal 7 Desember 1967. Hanya John dan George yang hadir karena Paul sedang ada acara lain dan Ringo sedang shooting Film.







1 comment:

  1. Tks gan atas dibuatnya blog yang bermanfaat ini, ane juga penggemar berat the beatles group band legendaris sepanjang masa..long live the beatles!

    btw ane juga mau sharing info bagi penggemar beatles indonesia kalau mau cari atau koleksi miniature alat musik yang dipakai beatles lengkap bisa kunjungi http://mayorishop.multiply.com/collection/1/ALBUM-MINIATUR-ALAT-MUSIK

    semoga bermanfaat,..all you need is love! love is all you need!

    ReplyDelete